Label

Minggu, 03 Maret 2013

Colibacillosis

kesempatan kali ini saya mencoba membahas tentang penyakit infeksius khususnya Ecobacilliosis, bahasan ini adalah review mata kuliah penyakit infeksius I yang diterangkan dalam perkuliahan veteriner minggu ini.

Colibacilliosis merupakan penyakit infeksius yang disebabkan oleh bakteri E. coli, penyakit ini uumnya menyerang ternak dewasa maupun ternak muda misalnya: sapi, babi, unggas, dll.

sebelum embahas tentang penyakit Ecobacillosis, saya akan sedikit menyinggung tentang bakteri E. coli yang menjadi penyebab dari penyakit ini.

E. coli merupakan bakteri gram negatif berkoloni kecil  yang berbentuk bacil - kokoid dengan diameter sekitar 1-3mm. E. coli memiliki permukaan yang halus dan tepi yang rata, serta memfermentasi laktosa. pada media kkultur EMBA E. coli terlihat berwarna Hijau Metalik, sedangkan Pada media kultur Mac Conkey dan SS agar berwarna Merah muda.
E. coli merupakan flora noemal yang berada pada saluran cerna manusia dan hewan, namun 10-15%  E.coli bersifat Pathogen.
E. coli merupakan bakteri golongan Coloform yang dapat digunakan sebagai indikator Sanitasi.

beberapa strain E. coli dapat bersifat sebagai Pathogen dan menyebabkan penyakit pada banyak ternak baik ternak dewasa maupun ternak yang masih muda.

Patogenesis dari penyakit collibacilosis yaitu bakteri masuk ke dalam tubuh host, kemudian melakukan perlekatan dan berkolonisasi pada saluran pencernaan, berkembangbiak. kemudian menginfasi sel-sel jaringan dan memproduksi toksin sehingga menyebabkan peradangan organ atau bahkan kerusakan organ.
seperti gejala klinis yang terlihat pada hewan babi dan sapi berikut ini:

Gejala klinis pada babi dan sapi

  1. Anoreksia, Demam, Diare, Dehidrasi, dan Anemia.
  2. Edema dieasease dan odem
  3. produksi gas berlebih pada Saluran cerna
Pada hewan Babi sendiri ada tiga bentuk penyakit yaitu neonatal diare, weaning diare, dan edema diare.

selain pada Sapi dan Babi, Unggas juga dapat terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri E.coli ini atau lebih dikenal dengan Septicemia. ada beberapa penyakit yang menyerang unggas yaitu:

  1. Colisepticemia bentuk pernafasan
E. coli pada penyakit ini masuk kedalam sirkulasi darah melaluiluka mukosa pada saluran nafas. gejala yang terlihat pada hewannya secara anatomi yaitu terjadi radang pada trakea, paru-paru, kantong udara, perikardium, dan peritonium.

     2.  Neonatal Coli

penyakit ini menyerang unggas muda usia 1-2 hari, dan menyebabkan kematian hingga 10-15%, gangguan pertumbuhan 5%. pada penyakit ini E.coli dapat ditemukan di otak, ata, sendi, tendon bahkan tulang.

     3.  Panopthalmitis

gejala pada penyakit ini ditandai dengan mata bengkak, bola mata keruh, buram sehingga mata hewan tersebut buta.

    4. Meningitis atau disebut Enchepalitis.

    5. Coligranuloma

gejala yang dapat terlihat pada penyakit ini yaitu Terdapat bungkul-bungkul pada hati, caecum, mesenterium, dan doudenum.

selain penyakit diatas ada beberapa bentuk infeksi lokal yang umum menyerang unggas seperti ayam, yaitu:

  1. Omphalitis
Radang pada tali pusar anak ayam yang baru menetas, gejalanya yaitu talipusar merah, keruh, basah, yolk sac encer dan bau. sumber penyakitnya yaitu telur tersebut terkontaminasi bakteri E. coli.

     2.  Cellulitis

Radang di bawah kulit, pada penyakit swallon head terjadi pada daerah periorbital dan jaringan sub kutan dikepala.

     3.  Diare

ok strain ETEC biasanya disertai enteritis, E. coli penyebab primer atau sekunder.

     4. Salphingitis

radang pada saluran telur (oviduk). penyebabnya E. coli pindah dari kloaka ke oviduk melalui kantong udara.

ada beberapa cara penularan dari penyakit yang sisebabkan bakteri E. coli ini yaitu: Feco-oral route, vertikal dan horizontal, droplet-nuclei dan debu, periinhalasi, atau kumbang hitam dewasa yang merupakan vektor mekanik.

ada beberapa faktor yang turut mempengaruhi penyebab penyakit karena bakteri E.coli seperti mmanajemen ternak yang kurang bagus, sanitasi kandang yang buruk, kelelahan, stress, dan penyakit lain.

sampai disini tulisan tentang Collibacilosi... terimakasih


Tidak ada komentar:

Posting Komentar